Banyak Perbedaan Antara VB6 Dan VB.Net - Rumah IT

Baru

recent

Banyak Perbedaan Antara VB6 Dan VB.Net



Banyak Perbedaan Antara VB6 Dan VB.Net

Jika anda developer VB6 maka anda harus tahu terlebih dahulu bahwa VB.NET bukan hanya VB6 yang ditambah beberapa fitur baru. VB.NET adalah bahasa baru yang sudah di redesign dan direstrukturisasi. Bahasa ini sudah dibuat menjadi lebih modern dengan penambahan fitur baru pada object design, data akses, form, dan masih banyak lagi. Bahkan format file juga sudah berubah.  Sayangnya perubahan yang signifikan tersebut membuat VB.NET tidak 100% backward compatible dengan VB6. Project dari VB6 harus di upgrade untuk dapat berjalan di VB.NET. Anda dapat menggunakan upgrade wizard untuk masalah ini, namun untuk aplikasi yang kompleks tetap membutuhkan tambahan modifikasi secara manual. Banyak orang yang berpendapat upgrade dari VB6 ke VB.NET tidak sekedar upgrade melainkan migrasi aplikasi. Meskipun untuk migrasi membutuhkan kerja ekstra namun VB.NET akan sangat menarik untuk dipelari oleh developer VB6. Karena dengan VB.NET anda tidak hanya dapat membuat aplikasi berbasis windows saja tapi berbagai macam platform seperti Web, Mobile, XML Web Service, Class Library bahkan untuk Game dengan XNA. VB.NET juga dapat berintegrasi dengan bahasa lain yang berjalan diatas .NET Framework seperti C# dan C++. 

Tiga perbedaan mendasar pada VB6 dan VB.NET yaitu:

·         Integrated Development Environment (IDE).
·          Perubahan Sintaks dan Object Model dari Class.
·         Perubahan Kompilasi kode dan menjalankan program.

 VB.NET masih menggunakan Visual Studio sebagai IDE, namun sudah berbeda dengan Visual Studio yang digunakan pada VB6, sekarang Visual Studio hanyamenssuport tiga bahasa utama yaitu VB, C#, dan C++. Perbedaan yang kedua terletak pada perbedaan sintaks, karena VB.NET sudah didesign ulang menjadi lebih modern maka banyak sintaks yang dikurangi dan ditambahkan, misal perintah GoSub sudah dihilangkan tapi banyak keyword baru terutama untuk Object Oriented Programming seperti Inherits, Interface, dll. Perbedaan yang ketiga terletak pada  proses untuk kompilasi dan menjalankan program. 

VB.NET application akan dikompilasi menjadi kode assembly tidak seperti kebanyakn aplikasi Win32.  .NET juga memiliki komponen Garbage Collection yang akan secara otomatis membersihkan object yang anda buat dari memory  ketika sudah tidak diperlukan. Jadi anda tidak perlu menghapus object secara manual. Setelah melihat banyak perbedaan yang ada antara VB6 dan VB.NET, pertanyaanya apakah developer VB6 harus pindah ke VB.NET? dan apa alasannya? 

Microsoft sendiri membuat VB.NET karena beberapa alasan, diantaranya keterbatasan VB6 untuk memenuhi kebutuhan aplikasi saat ini. Sekarang banyak kebutuhan aplikasi yang berbasis web sedangkan VB6 sangat minim dukungan terhadap pembuatan aplikasi web, anda dapt membuat ActiveX control dengan VB6, namun pengguna harus  mendownload ActiveX tersebut sebelum dapat menjalankannya di web. Arsitektur ini tidak bagus karena kita mengharapkan client yang benar-benar „thin‟ (hanya cukup browser tanpa perlu install program tambahan). Pengguna menginginkan kode yang dijalankan di server, mereka juga menginginkan jaminan keamanan yang baik, dan scalabilitas dari aplikasi yang dibuat. Itu semua tidak bisa dilakukan oleh VB6. Berdasarkan beberapa alasan tersebut Microsoft merasa perlu untuk membuat architecture yang lebih baik dan modern. 

Programmer juga menginginkan fitur-fitur Object Oriented Programming (OOP) seperti inheritance dan polymorphsm untuk membuat komponen yang lebih bagus dan menangani masalah versioning control pada komponen atau dikenal dengan istilah „DLL hell‟.  Untuk memberikan solusi atas berbagai masalah diatas Microsoft mencoba membuat kesatuan framework untuk pengembangan aplikasi yang diberi nama .NET Framework.

All Rights Reserved by Rumah IT - Rumah Teknologi Informasi © 2013 - 2022
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.