BREAKING NEWS

SOFTWARE

ARTIKEL PUBLIK

SEO

Thursday, 12 March 2015

Banyak Perbedaan Antara VB6 Dan VB.Net

Banyak Perbedaan Antara VB6 Dan VB.Net
Jika anda developer VB6 maka anda harus tahu terlebih dahulu bahwa VB.NET bukan hanya VB6 yang ditambah beberapa fitur baru. VB.NET adalah bahasa baru yang sudah di redesign dan direstrukturisasi. Bahasa ini sudah dibuat menjadi lebih modern dengan penambahan fitur baru pada object design, data akses, form, dan masih banyak lagi. Bahkan format file juga sudah berubah.  Sayangnya perubahan yang signifikan tersebut membuat VB.NET tidak 100% backward compatible dengan VB6. Project dari VB6 harus di upgrade untuk dapat berjalan di VB.NET. Anda dapat menggunakan upgrade wizard untuk masalah ini, namun untuk aplikasi yang kompleks tetap membutuhkan tambahan modifikasi secara manual. Banyak orang yang berpendapat upgrade dari VB6 ke VB.NET tidak sekedar upgrade melainkan migrasi aplikasi. Meskipun untuk migrasi membutuhkan kerja ekstra namun VB.NET akan sangat menarik untuk dipelari oleh developer VB6. Karena dengan VB.NET anda tidak hanya dapat membuat aplikasi berbasis windows saja tapi berbagai macam platform seperti Web, Mobile, XML Web Service, Class Library bahkan untuk Game dengan XNA. VB.NET juga dapat berintegrasi dengan bahasa lain yang berjalan diatas .NET Framework seperti C# dan C++. Tiga perbedaan mendasar pada VB6 dan VB.NET yaitu:
·         Integrated Development Environment (IDE).
·          Perubahan Sintaks dan Object Model dari Class.
·         Perubahan Kompilasi kode dan menjalankan program.
 VB.NET masih menggunakan Visual Studio sebagai IDE, namun sudah berbeda dengan Visual Studio yang digunakan pada VB6, sekarang Visual Studio hanyamenssuport tiga bahasa utama yaitu VB, C#, dan C++. Perbedaan yang kedua terletak pada perbedaan sintaks, karena VB.NET sudah didesign ulang menjadi lebih modern maka banyak sintaks yang dikurangi dan ditambahkan, misal perintah GoSub sudah dihilangkan tapi banyak keyword baru terutama untuk Object Oriented Programming seperti Inherits, Interface, dll. Perbedaan yang ketiga terletak pada  proses untuk kompilasi dan menjalankan program. VB.NET application akan dikompilasi menjadi kode assembly tidak seperti kebanyakn aplikasi Win32.  .NET juga memiliki komponen Garbage Collection yang akan secara otomatis membersihkan object yang anda buat dari memory  ketika sudah tidak diperlukan. Jadi anda tidak perlu menghapus object secara manual. Setelah melihat banyak perbedaan yang ada antara VB6 dan VB.NET, pertanyaanya apakah developer VB6 harus pindah ke VB.NET? dan apa alasannya? Microsoft sendiri membuat VB.NET karena beberapa alasan, diantaranya keterbatasan VB6 untuk memenuhi kebutuhan aplikasi saat ini. Sekarang banyak kebutuhan aplikasi yang berbasis web sedangkan VB6 sangat minim dukungan terhadap pembuatan aplikasi web, anda dapt membuat ActiveX control dengan VB6, namun pengguna harus  mendownload ActiveX tersebut sebelum dapat menjalankannya di web. Arsitektur ini tidak bagus karena kita mengharapkan client yang benar-benar „thin‟ (hanya cukup browser tanpa perlu install program tambahan). Pengguna menginginkan kode yang dijalankan di server, mereka juga menginginkan jaminan keamanan yang baik, dan scalabilitas dari aplikasi yang dibuat. Itu semua tidak bisa dilakukan oleh VB6. Berdasarkan beberapa alasan tersebut Microsoft merasa perlu untuk membuat architecture yang lebih baik dan modern. Programmer juga menginginkan fitur-fitur Object Oriented Programming (OOP) seperti inheritance dan polymorphsm untuk membuat komponen yang lebih bagus dan menangani masalah versioning control pada komponen atau dikenal dengan istilah „DLL hell‟.  Untuk memberikan solusi atas berbagai masalah diatas Microsoft mencoba membuat kesatuan framework untuk pengembangan aplikasi yang diberi nama .NET Framework.

Mengapa VB.NET Tidak Kompatible Dengan VB6?

Mungkin anda bertanya kenapa Microsoft tidak mendukung  backward compatibility  dari VB.NET ke VB6. Kenapa tidak menambahkan fitur di VB6 saja? Kenapa harus didesain ulang? Ada beberapa alasan untuk pertanyaan diatas.

Penambahan Fitur Baru

Beberapa  fitur baru yang ditambahkan membutuhkan redesign ulang. Misal penambahan fitur inheritance pada form membutuhkan redesign objcet model pada form. Penambahan Interface untuk mendukung polymorphism membutuhkan perubahan pada bahasa dan file format. Untuk memperbaiki „DDL hell‟  berarti versioning komponen harus di redesign ulang.

Perbaikan Bahasa

 VB6 sudah mengalami banyak penambahan fitur seiring dengan kebutuhan developer. Pada beberapa kasus fitur baru tersebut menyebabkan inkonsistensi dan kerumitan. Misalnya untuk keyword New  dan Set  pada saat object akan dibuat. Kemudian tipe varian yang dapat menampung tipe apa saja yang dapat mengurangi performa program.

Membuat Lebih Modern

Pada VB.NET tipe Long menjadi 64bit, dan Integer menjadi 32bit. Keyword Type pada VB6 diganti menjadi Structure.

Mengapa Perlu Untuk Migrasi?

Anda mungkin bertanya, Apakah perlu untuk migrasi ke VB.NET? Apakah tidak cukup dengan hanya memodofikasi aplikasi VB6 yang ada sekarang?. Alasan utama untuk migrasi adalah adanya fitur-fitur baru di VB.NET yang akan membantu developer VB untuk membuat aplikasi yang lebih scalable, maintainable, dan powerfull. Beberapa aplikasi baru yang ada di VB.NET adalah?

Fitur Baru
  • VB.NET mempunyai beberapa fitu baru yang membuat bahasa VB menjadi lebih powerfull sehingga dapat mematahkan mitos bahwa VB hanya bahasa  mainan (toy language) bila dibandingkan dengan bahasa lain seperti C++ dan Java. Fitur-fitur tersebut antara lain:
  •  Dukungan Object Oriented Programming : VB.NET adalah bahasa pemrograman yang full Object Oriented. Jadi VB.NET mendukung fitur-fitur OOP seperti Inheritance, Interface, Method Overloading, Polymorphism yang akan dibahas lebih lanjut pada bab-bab selanjutnya.
  • Structure Exception Handling :  untuk menggantikan perintah OnError Goto pada VB6,
  • VB.NET meyediakan Try..Catch..Finally error handling. Error handling pada VB.NET ini lebih mudah digunakan karena anda hanya cukup menaruh kode yang akan dicek dikalang Try, dan menyiapkan exception handling nya di kalang catch. Topik tentang error handling juga akan dibahas pada bab selanjutnya dari buku ini
  • .NET Framework : VB.NET mempunyai koleksi class library yang sangat banyak dan terorganisasi dengan baik sehingga mudah digunakan dan dicari. Dengan menggunakan class library ini programmer tidak perlu membuat kode sendiri dari awal.
  •  GDI+: GDI+ adalah library Graphic yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi windows form
  •  Web Services dan Web Form : dengan VB.NET anda dapat membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan Web Form (ASP.NET). anda juga dapat membuat aplikasi web service untuk membuat three tier application.
  • Cross-Languege Interoperability : karena setiap program yang berjalan di .NET  dicompile menjadi assembly maka anda dapat membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman yang berbeda yang berjalan diatas platform .NET seperti C# dan C++. Jadi  anda juga dapat menggunakan komponen yang dibuat menggunakan C# atau C++ untuk digunakan di VB.
  • Multihreading : secara default aplikasi VB.NET adalah sible thread tapi anda dapat mengimplementasikan multi thread. Fitur ini sangat berguna jika anda mempunyai aplikasi yang proses komputasinya memakan waktu lama.
  • Type Safe Collection : fitur ini mulai ada di .NET 2.0 (VB8 atau VB 2005). Dengan fitur ini anda dapat membuat object collection yang type safe. Penjelasan lebih jauh mengenai collection akan dibahas pada bab selanjutnya.
  •  LINQ : Fitur ini mulai ada pada .NET 3.5 (VB9 atau VB 2008). LINQ (Language Integrated Query) adalah  fitur baru  untuk mengquery data  yang ditambahkan kedalam bahasa VB dan C# sehingga kedua bahasa tersebut dapat melakukan query ke object, database,xml, dan sumber data lainnya. Lebih detail mengenai LINQ akan dibahas di bab selanjutnya.
  •  XML Literal : Fitur ini mulai ada pada VB9, fitur ini adalah fitur special dari VB9 karena bahasa lain seperti C# tidak mendukung fitur ini. XML Literal akan sangat membantu anda dalam bekerja dengan XML, pada VB9 XML menjadi „first class citizen‟ yang berarti anda dapat menuliskan XML secara literal seperti anda menuliskan string. Fitur ini juga akan dibahas pada buku ini di bab selanjutnya.


Beberapa Perbedaan Mendasar Dengan VB6

  • Pada VB.NET index array dimulai dari 0
  •   Internet Project dengan Web Classes dan DHTML sudah tidak disupport. Pada VB.NET anda dapat menggunakan Web Form (ASP.NET).
  • VB.NET tidak menyediakan default properties, jadi anda tidak dapat menuliskan Text1.Text hanya dengan Text1 seperti di VB6.
  • Teknik-teknik lama di VB6 untuk print document, menggambar graphic, membaca textfile sudah tidak dapat digunakan di VB.NET, anda harus siap untuk mempelajari teknik yang baru.
  • VB.NET tidak mensupport deterministic finalization, jadi ketika object sudah tidak digunakan maka ia akan tetap di memory untuk sementara sebelum dibersihkan oleh Garbage Collector
  •  Cara lama mengakses database di VB6 menggunakan DAO dan RDO tidak disupport secara penuh (tidak dapat digunakan sebagai data binding).
  • Biarpun anda menggunakan upgrade wizard untuk migrasi dari VB6 namun pada beberapa bagian anda harus menulis ulang, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang kompleks.
  • VB.NET tidak mensupport pointer jadi anda tidak dapat menggunakannya lagi (pada VB6 anda dapat menggunakan fungsi StrPtr() dan ObjPtr() untuk mengakses pointer).
  •  Perintah Goto dan GoSub sudah tidak disupport di VB.NET. Cara drawing pada Form juga berubah, jika anda menggunakan custom drawing di VB6 anda harus menulis ulang kembali kodenya. Errick Kurniawan & Rully Yulian.



Post a Comment

 
Copyright © 2013 RUMAH IT
Distributed By Free Premium Themes. Powered byBlogger