Sekilas Tentang .NET Framework - Rumah IT

Baru

recent

Sekilas Tentang .NET Framework


Sekilas Tentang .NET Framework

.NET Framework
Untuk bekerja di lingkungan .NET Framework maka anda harus mengetahui arsitektur dan komponen apa saja yang ada didalamnya.  .NET Framewok mendukung beberapa bahasa  pemrograman, adapun bahasa pemrograman yang disupport secara resmi oleh Microsoft adalah C# (CSharp), VB, dan C++, tetapi sekarang banyak bahasa lain yang juga dikembangkan untuk mensupport platform .NET  diantaranya Delphi, Phyton (IronPhyton), dll. Untuk mengembangkan aplikasi berbasis .NET sebenarnya dapat digunakan lebih dari satu bahasa pemrograman (Language Interoperability) misal sebagian program menggunakan C# dan sebagian lagi menggunakan VB, tetapi disarankan untuk memilih hanya satu bahasa pemrograman saja agar aplikasi yang dibuat lebih mudah untuk di-maintain. Bahasa paling banyak digunakan di platform .NET saat ini adalah C# dan VB.

Sekilas Tentang .NET Framework

.NET Framework sebenarnya terdiri dari dua komponen utama yaitu CLR (Common Language Runtime) dan  FCL (Framework Class Library). 

Sekilas Tentang .NET Framework

Common Language Runtime (CLR)  adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam  hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan managemen memory, melakukan eksekusi kode,  melakukan  verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya. Dengan adanya fungsi CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasa juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi di luar itu biasa disebut dengan un-managed code. Dengan adanya CLR maka tugas pengembang program menjadi lebih ringan karena banyak tugas yang dahulu harus dikerjakan oleh pengembang sudah digantikan secara otomatis oleh komponen CLR ini. CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language). Proses kompilasi ini sendiri dilakukan oleh komponen yang bernama Just In Time (JIT).

Sekilas Tentang .NET Framework

.NET Framework Class Library atau sering juga disebut Base Case Library  (BCL) adalah  koleksi dari  reusable types yang sangat  banyak  dan terintegrasi secara melekat  dengan CLR. Kumpulan Class Library ini sangat berguna untuk pengembangan aplikasi karena developer tidak perlu membuat semuanya dari awal karena sudah disediakan oleh .NET, misal class untuk membuat aplikasi berbasis windows, class untuk membuat objek-objek koleksi, class untuk koneksi dengan database (ADO.NET), class untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, class WPF (Windows Presentation Foundation), dan masih banyak lagi.

Errick Kurniawan & Rully Yulian.





All Rights Reserved by Rumah IT - Rumah Teknologi Informasi © 2013 - 2022
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.