BREAKING NEWS

SOFTWARE

ARTIKEL PUBLIK

SEO

Sunday, 1 March 2015

Strategi Penempatan Iklan Yang Optimal

Untuk para pelaku GA, ada hal yang lebih penting selain Optimasi halaman dan isi postingan yaitu Teknik penempatan unit iklan yang strategis. Ini tidak ada kaitannya dengan hal berbau SEO atau jumlah trafik blog. Namun ini adalah tentang strategi pengoptimalan pendapatan GA anda. Jadi dalam hal ini kita akan lebih banyak bermain dengan kode-kode HTML, sebab semua unit iklan GA yang terpasang dalam blog atau website kita merupakan script yang terintegrasi dengan template blog kita dan itu menggunakan kode html. 

Kenapa perlu diperhatikan mengenai penempatan iklan di blog ?

Sebagai contohnya kita bisa lihat di beberapa mini market terdekat kita, penempatan barang yang strategis, dikelompokkan sesuai jenisnya membuat pembeli mudah untuk berbelanja berdasarkan jenis dan kegunaan barang yang akan di belinya. Demikian halnya dengan penempatan unit iklan di GA, jika kita bisa memposisikan iklan tersebut secara optimal besar kemungkinan pendapatan anda akan bertambah. Banyak dari member GA yang mengeluh tentang pendapatan mereka, setiap harinya mereka mendapat Page View yang berlimpah antara 2000 sampai 15000 . Akan tetapi jumlah klik yang didapat tidak sebanding dengan PV yang diperoleh. Mengapa bisa demikian ?
Untuk masalah diatas ada beberapa penyebab kemungkinan terjadi kesenjangan antara PV dan jumlah klik GA. Kemungkinan tersebut diantaranya :


  1. Penempatan Unit yang tidak strategis

    Seperti yang saya utarakan di atas, bahwa penempatan unit sangat mempengaruhi jumlah klik pengunjung anda. Penempatan iklan yang tepat akan membuat pengunjung tertarik dan merasa bahwa informasi yang terkandung dalam unit tersebut penting. Sedangkan penempatan unit yang sembarangan akan membuat pengunjung mengabaikannya.

  2. Iklan yang ditampilkan tidak relevan dengan konten anda

    Unit yang ditampilkan oleh GA sangat bergantung pada konten yang anda buat. Sebagai contoh anda membuat artikel tentang Kesehatan, maka kemungkinan unit yang muncul juga mengenai kesehatan. Itu juga kalau konten anda di anggap memberikan informasi bermanfaat di mata Google. Terkadang unit yang ditampilkan dalam blog sangat jauh dari tema konten yang kita buat. Kita membuat konten tentang Otomotif misalnya, namun unit yang tampil ternyata mengenai Elektronik. Itu salah satu penyebab anda tidak memperoleh klik dari pengunjung walaupun PV harian anda mencapai puluhan ribu. Karena informasi yang terdapat pada unit tidak menjawab kebutuhan pengunjung. Oleh karena itu cobalah untuk selalu membuat konten yang bermanfaat dan mampu menjawab kebutuhan pengunjung. Bagaimana pun juga pengunjung butuh informasi yang mereka cari di web atau blog anda. Maka penuhilah apa yang sedang mereka butuhkan. dengan begitu Unit GA pun akan menyesuaikan dengan tema konten anda. 

Dimana sebaiknya unit iklan di tempatkan ?

Sebelum anda memulai teknik penempatan iklan yang strategis , pastikan terlebih dahulu anda menggunakan template blog yang mendukung untuk bermain GA. Jika merasa template anda tidak sesuai untuk bermain GA segeralah berganti ke template yang mendukung. Perlu diingat pula untuk template blog tidaklah hanya sekedar SEO Friendly, yang lebih penting adalah bagaimana unit dapat ditempatkan di beberapa posisi yang strategis.

Teknik Penempatan yang pertama

Strategi Penempatan Iklan Yang Optimal

Gambar diatas menunjukan skema penempatan unit pada web atau blog anda. Saya sarankan untuk memilih template blog yang memiliki Layout di atas yaitu terdiri dari header, navigasi , body dua kolom, satu kolom untuk post body dan satu kolomnya lagi untuk sidebar dan diakhiri dengan footer.
Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh mbah G bahwa penempatan unit dalam satu halaman hanya boleh maksimal 3 unit.

Unit pertama , pilih format gambar dan teks dengan ukuran 468 x 60
Unit ini cocok ditempatkan dibawah judul postingan.
Unit kedua, pilih format gambar dan teks dengan ukuran 160 x 600
Unit ini cocok ditempatkan di sidebar dengan posisi vertikal.
Unit Ketiga, pilih format teks saja dengan ukuran 468 x 60
Unit ini cocok ditempatkan di akhir postingan sebelum footer.

Teknik penempatan yang kedua

Strategi Penempatan Iklan Yang Optimal


Pada teknik penempatan yang kedua ini semua unit di tempatkan di luar body. Biarkan saja body untuk mengisi konten anda.
Unit pertama, pilih format gambar saja dengan ukuran 468 x 60 kemudian ditempatkan di sebelah kanan Header.
Unit kedua, pilih format teks saja dengan menyesuaikan ukuran menu navigasi kemudian ditempatkan melintang tepat dibawah navigasi.
Unit ketiga, sama seperti penempatan pada teknik pertama.


Mengenai Pencarian Custom / Mesin penelusuran khusus

Selain menyediakan unit iklan, Mbah GA juga menyediakan unit Pencarian khusus. untuk cara penempatannya sama kaya unit yang lain yaitu dengan menyisipkan kode HTML di template blog anda. Pencarian khusus juga memberikan anda fulus tiap kali digunakan.


Strategi Penempatan Iklan Yang Optimal


Selain teknik penempatan iklan yang sudah saya jelaskan diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  • Usahakan dalam satu halaman jangan ada unit yang sama baik format maupun ukuran.
  • Jangan pernah menyuruh atau mengarahkan pengunjung untuk klik unit (demi keamanan)
  • Google bot sangat sensitiv terhadap setiap kata-kata yang anda tulis didalam konten
  • Backround, font , border dan warna unit haruslah menyatu dengan warna template anda agar tidak kelihatan mencolok.
Itu hanyalah sekedar tips dari saya dan bukan merupakan sebuah jaminan bahwa dengan teknik ini pendapatan anda akan bertambah. Semua tergantung pada usaha dan kerja keras anda dalam mengelola sebuah web / blog. Anda bebas bereksperimen dengan teknik apa saja selama tidak menyalahi TOS yang di buat oleh mbah G.



Regards,




Rumah IT




Post a Comment

 
Copyright © 2013 RUMAH IT
Distributed By Free Premium Themes. Powered byBlogger